Senin, 01 April 2013

[Resensi] Looking For Jake and Other Stories


Judul : Looking for Jake and Other Stories
Pengarang : China Mièvelle
Penerbit : Pan-Macmillan Books
Tahun : 2005
Genre : Fantasy, Steampunk, Weird, Horror
Tebal : 305

Sinopsis
Agak sulit menuliskan sinopsis untuk kompilasi cerpen dan novella. Tapi, ya sudahlah.
China Mièvelle sepanjang karir telah menulis beberapa cerita pendek dan novella untuk majalah dan lomba. Sekarang, cerpen dan novella tersebut dijadikan satu dalam kompilasi ini yang disertai dengan beberapa cerita yang orisinal hanya pada kompilasi, termasuk Jack, cerpen yang bersetting di Bas-Lag, dunia fiksi rekaan China Mièvelle yang mashyur.

Ulasan
Ini sudah buku ketiga China Mièvelle yang saya baca. Dua cerita sebelumnya yang saya baca tidak mengecewakan. Seharusnya dengan itu harapan saya menjadi lebih tinggi lagi, tapi kali ini tidak. Karena ini, Looking for Jake and Other Stories adalah kumpulan cerpen dan novella, yang menurut saya kualitas dan ragam ceritanya akan lebih campur aduk.


Looking for Jake and Other Stories seperti yang sudah saya tulis tadi di sinopsis berisi kumpulan cerpen dan novella China Mièvelle yang dia tulis dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2004. Sebagaimana kompilasi cerpen akan sangat sulit untuk dinilai secara keseluruhan, maka pertama-tama akan saya berikan ulasan singkat dari masing-masing cerita yang ada.

Looking for Jake, terbit tahun 1998. Cerita pertama  China Mièvelle di kompilasi, dan yang paling tua. Ceritanya bisa dikatakan menarik, tentang London yang mengalami peristiwa katamilistik yang menyebabkan banyak orang hilang secara tiba-tiba. Khas China Mièvelle sekali, kalau saya boleh bilang. Penggambaran suasana London begitu Lovecraftian dan suara karakternya terasa hidup.yang jadi masalah dari cerita ini adalah, benar-benar minimnya konflik kecuali dari pencarian Jake. Saya juga awalnya bingun sebenarnya apa yang terjadi dicerita ini.

Foundation, terbit tahun 2003. Salah satu cerita terbaik dari kompilasi ini. Dengan genre psychological, cerita ini menceritakan seseorang yang dapat ber”bicara” pada sesuatu dari fondasi bangunan, kemampuan yang dia dapat dari pengalamannya di masa silam. Ide yang unik, fokus cerita yang berubah mengejutkan, dan penggambaran suara karakter yang bagus.

The Ball Room, salah cerita orisinal di kompilasi ini. China Mièvelle menulisnya bersama Emma Bircham dan Max Schaefer. Mungkin itu yang menjelaskan mengapa cerita ini terasa yang paling lurus dan “normal” dibandingkan cerita lainnya dari kompilasi ini. Benar-benar cerita horor tanpa ada bumbu Lovecraft seperti beberapa cerita lainnya. Tidak buruk, tapi terlalu biasa untuk ukuran China Mièvelle.

Reports of Certain Events in London,  terbit tahun 2004. Cerpen dengan gaya penceritaan yang sangat menarik. China Mièvelle memasukkan dirinya sendiri kedalam cerita dan bertindak seolah sebagai tokoh. Setiap kepingan cerita diberikan seperti laporan atau surat rahasia antar individu atau organisasi atas suatu peristiwa di London. Sangat disayangkan, cerita ini jauh lebih membingungkan dari Looking for Jake. Mungkin ini karena bahasa inggris saya kurang.

Familiar, terbit tahun 2002. Cerita lainnya yang agak lurus disini. Satu hal yang membuat cerita begitu menarik adalah hebatnya penggambaran yang dilakukan sepanjang cerita. Kita mengikuti perjalanan suatu familar menempuh hutan beton London, belajar dan mencari jati diri setelah dibuang oleh pemiliknya. Terasa imajinatif, dan begitu menarik, walaupun selain itu gak ada lagi bisa diambil dari sini.

Entry Taken from a Medical Encyclopaedia, terbit tahun 2003. Cerpen dengan gaya penceritaan yang begitu “lain”. Sesuai judulnya, “cerita” disini disuguhkan seperti ensiklopedia lengkap dengan catatan kaki, mengenai satu penyakit otak yang pernah menyebar di London. Gaya penceritaannya ini patut dipuji, walaupun “cerita” itu ada, terasa minor bila dibandingkan dengan gaya narasinya.

Details, terbit tahun 2002. Ketika China Mièvelle bilang dia sangat terpengaruh oleh H.P. Lovecraft, cerpen ini membuktikan perkataannya. Idenya tentang “horor yang tidak terkatakan” sangat menarik disini. Dia menceritakan bagaimana detil kecil seperti retakan tembok atau pola-pola yang ada dipohon ditinggali oleh suatu mahluk, yang dimana ketika seseorang menyadarinya, mahluk akan terus mengikutinya kemanapun mata orang itu memandang, menghantuinya hidupnya terus menerus.

Go Between, orisinal untuk kompilasi ini lagi. Cerpen paranoia urban yang sangat menarik. Kita melihat bagaimana seseorang dipenuhi oleh ilusi dan delusi ketika dia digunakan sebagai kurir untuk paket yang dia sendiri tidak pernah mengerti. Penggambaran paranoia dan delusionalnya terasa begitu nyata.

Different Skies, terbit tahun 1999. Cerpen China Mièvelle lain yang terasa Lovecraftian, memiliki ide yang bagus. Seorang kakek tua membeli jendela tua menarik perhatiannya dengan cara yang aneh, kemudian disadarinya ternyata jendela itu menunjukkan pemadangan yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Selain dari konsep inti cerita, tidak ada lagi yang menarik. Saya hanya bisa berspekulasi bahwa ide ini menjadi akar dari cerita terakhi nanti.

An End To Hunger, terbit tahun 2000. Cerpen paranoia urban lainnya. Seseorang bertemu dengan hacker misterius yang entah bagaimana memiliki dendam dengan situs amal milik perusahaan. Rasa paranoianya tidak begitu terasa kecuali menjelang akhir cerita. Endingnya yang terbuka membuat cerita ini bisa lebih bagus.

Tis The Season, terbit tahun 2004. Secara pribadi, inin favorit saya setelah The Tain. Cerpen satiris dimana London (lagi) menjadi distopia, hari raya semuanya di privatisasi dan hanya orang kaya yang mampu merayakan hari raya, yang dalam cerita ini, hari raya natal. Komedik satir terhadapa kapitalisme sangat kena disini. Tapi tidak hanya sosial, satir yang diberikan juga ditujukan pada adegan klise yang sering terjadi seperti seorang penyanyi menghentikan kerusuhan antar dua pihak. Menghibur, dan jenaka, cerita ini mungkin gambaran kalau China Mièvelle menulis komedi.

Jack, tentu saja orisinal untuk kompilasi ini. Cerpen Bas-Lag ini bercerita tentang Jack Half-a-Prayer, seorang karakter yang sempat muncul sebentar di Perdido Street Station tapi memegang peranan yang cukup signifikan di dunianya. Tidak ada yang benar-benar luar biasa dari cerita ini. Mungkin ada sedikit penggambaran cukup  baik terhadap suatu perubahan atau pandangan tapi kalau bukan karena ini bersetting di Bas-Lag, mungkin hasilnya tidak akan sebaik sekarang.

On The Way To The Front, orisinal untuk kompilasi ini. Satu-satunya komik didalam kompilasi Looking for Jake and Other Stories. Tidak banyak yang bisa saya katakan karena dialognya begitu minim dan sangat sulit untuk tahu apa yang sebenarnya ditunjukkan disini kecuali persoalan tentang seseorang yang melihat bayangan para prajurit di London.

The Tain, terbit tahunn 2002. Novella dan cerita terbaik dikompilasi ini. Kita sekali lagi, di London, diperlihatkan suasana pasca-apokaliptik dimana mahluk dari cermin datang menyerbu. Dari segi ide dan penceritaan, The Tain benar-benar superior. Konsisten dan solid, The Tain merupakan cerita penutup dari kompilasi ini yang begitu tepat.

Ya, sepertinya perkiraan saya kalau buku ini bakalan berasa campur aduk memang benar. Walaupun kumpulan cerita, akan sulit rasanya untuk mengatakan “kamu bakal nemu cerita yang cocok” karena semuanya seragam, khas tulisan China Mièvelle. Walaupun begitu, setiap cerita ditulis dengan baik dan bisa jadi hiburan yang singkat. Looking for Jake and Other Stories memang kualitasnya agak sedikit bercampur tapi secara keseluruhan, masih layak untuk dibaca. Ada beberapa ide menarik khas China Mièvelle disini yang di eksekusi dengan pas. Buku yang benar-benar cocok di ruang tunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar