Selasa, 26 Februari 2013

[Resensi] Arassi

Review by dantd95

Judul : Arassi
Pengarang : Icha Azania dkk.
Tebal : 245 hlm.
Penerbit : Ufuk Fiction
Genre : Fantasy, Sci-Fi

Sebenarnya menulis cerpen itu jauh lebih gampang dibanding menulis novel. Seengga-engganya buat gue dan orang-orang yang gue tahu. Cerpen itu ga harus berpanjang-panjang bikin otak keringetan mikirin kausalitas ekstensif, ga usah pake konflik banyak-banyak, tokohnya juga biasanya bisa diitung jari, belum lagi namanya cerita pendek jadi bikinnya ga lama.

Maka, pas buku ini nongol di Gramedia, tanpa ragu Shengar langsung nyamber buku ini karena kami berdua setuju dengan poin yang gue sebutin di atas sehingga reaksi kami jadi "Wah, kumcer nih! Keaknya bagus! Toh kumcer-kumcer fantasi lokal kan kualitasnya secara general masih relatif lebih baik dibanding novel-novelnya!"

Jadi, kenapa malah gue yang bikin review Arassi? Mari kita dengarkan transkrip suara Shengar bersama-sama :

Selasa, 19 Februari 2013

[Resensi] Pulang

Judul : Pulang
Pengarang : Leila S. Chudori
Tebal : 460 hlm.
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun : 2012
Genre : Lit Fic

Untuk pembukaan : Sebenarnya buku ini pantas dapat 5 bintang.

Minggu, 17 Februari 2013

[Resensi] Garuda Riders

Review by dantd95

Judul : Garuda Riders
Pengarang : A.R. Wirawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2013
Genre : Fantasy, Adventure
Tebal : 325 hlm.
Series : The Adventures of Haruhi Suzumiya Wanara, #1

Ya, izinkan gue berterima kasih dulu pada siapapun itu pengelola atau arranger rak-rak buku di Gramedia Depok. Dia punya dedikasi pada fiksi fantasi lokal dan juga komik lokal. Buktinya, buku fiksi fantasi lokal dari yang lumrah semacam Vandaria Saga, yang baru seperti Garuda Riders ini, sampai yang agak obscure macam Summonster dan Camelot & Rucastle semua ada. Oh, dan komik lokal dapet rak sendiri. Kurang keren apa coba?


[Resensi] Never Let Me Go

Review oleh Shengar
Judul: Never Let Me Go
Pengarang: Kazuo Ishiguro
Penerbit: Vintage Books
Genre: Romance, Dystopia, Speculative, Science-Fiction



Untuk tahun ini, guna menggejot semangat membaca, saya ikut Seraphium Reading Challenge dari Forum Buku Kaskus. Dan untuk nambah jumlah post pembanding, saya akan post review saya yang disana kesini dengan beberapa perubahan. Tapi kebanyakan copas jadi pasti ada penggunaan bahasa yang inkonsisten. Terima saja ya?
Review bulan Januari juga sebenarnya udah selesai, tapi karena kayaknya banyak bias karena buku itu salah satu bacaan pertama yang saya seriusi, munkin nanti-nanti aja dipos disini.

Jumat, 15 Februari 2013

PRO TIP : Cara Membuat Cerita yang Jelek Tapi Laku Keras

By dantd95

Manusia itu aneh. Bizarre. Kontradiktif, nafsuan, simpatik. Dan yang paling penting : tak pernah puas.

Oh, halo semua. Kali ini balik lagi bersama gue, Dan T.D., dan kita sekarang bakal ngebahas... Pro Tip! (sfx : kyaaaaaaa~) Pro Tip, yang (mungkin) bakal jadi serial ini ngobrolin fenomena-fenomena aneh di dunia cerita dan penceritaan, yang termasuk mitos-mitos soal penjualan, standar bagusnya cerita, relativitas selera, dan hal-hal yang berada di antara mereka.

Rabu, 13 Februari 2013

Antara Keinginan Terpendam, Bella, dan Edward Elric

By dantd95

Mary Sue. Gary Stu. Mary Sue. Gary Stu.

Makin kesini, gue makin sering denger istilah-istilah itu. Mungkin kalian juga, apalagi kalau tahu gambar yang gue sisipkan disini dari film apa. Banyak banget orang-orang jaman sekarang yang, yah, well, nyebut istilah-istilah ini di lingkaran penulis/pembaca. Gue sendiri juga sering.

Anyway, gue sengaja bikin entri ini karena kemarin-kemarin gue sebenarnya sempet galau (well, kemarin yang udah lama banget sih). Bukan soal cewe melainkan soal esensi dari istilah ini. Dari istilah Mary Sue dan Gary Stu. Setelah gue banyak mencari definisi yang tepat, ya.....

Belum ada definisi yang universal soal ini, sepertinya. Entah benar begini atau gue kurang dalam ngegali internet. Tapi karena post ini memang ada untuk menjabarkan definisi gue soal Mary Sue/Gary Stu, anggap aja statement di atas benar :v

Oke, mari kita bedah baik-baik penggunaan istilah ini. Dari observasi pribadi gue di internet dan kehidupan nyata, penggunaan istilah ini sangat beragam. Ada yang pakai istilah ini buat ngejabarin cewe/cowo yang simply terlalu perfect, ada juga yang bilang Mary Sue-Gary Stu itu terlalu jadi pusat cerita, dan istilah ini juga sering dipakai buat nyegat angkot di jalan menyindir tokoh utama yang dibenci orang yang mengucapkan/mengetik istilah itu.

Selasa, 12 Februari 2013

[Ulasan Buku Interlokal] Perdido Street Station

Review oleh Shengar


Judul : Perdido Street Station
Pengarang : China Mièville
Penerbit : Pan Books
Tahun : 2000
Genre : Fantasy, Steampunk, Weird, Speculative
Tebal : 867

Review ini dapat dibaca di Kaskus dan Goodreads

Baiklah, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau blog ini akan di fokuskan untuk review buku lokal. Tapi itu bukan berarti menghalangi saya untuk mengepos review buku interlokal yang saya tulis disini untuk nambah banyak postingan blog.

Mungkin nama pengarangnya lebih membuat mengernyitkan dahi daripada judul bukunya sendiri (memang cukup aneh sih. Coba ada orang namanya Brazil atau German). Tapi walaupun gitu, kalau kamu melihat buku di rak toko buku impor atau di toko buku bekas soalnya saya sendiri beli seharga 20000, sebaiknya beli sekarang. untuk alasannya, silakan baca review copas saya ini.

[Ulasan Buku Lokal] Kynigos


Review by dantd95

Judul : Kynigos
Penulis : Yoana Dianika
Penerbit : DIVA Press
Tahun Terbit : 2012
Genre : Fantasy, Romance, Young Adult (?)


Oke, setelah ngeliat buku ini nongol di grup KasFan, dan setelah baca Hailstorm-Redfang yang setidak-tidaknya memberi harapan baru pada kualitas fiksi fantasi buatan orang Indonesia (with absolute respect to all the writers; i believe they've all done quite a hard work making each one), akhirnya gue memutuskan buat beli dan baca buku ini.

Apakah sis Yoana bisa membuktikan diri sebagai calon penerus legenda-legenda hebat sastra Indonesia? Mari kita lihat.